Nissan 350Z VeilSide, yang Langka Dan Eksotis

Nissan 350Z VeilSide, yang Langka Dan Eksotis

Nissan 350Z VeilSide, yang Langka Dan Eksotis

Nissan 350Z VeilSide, yang Langka Dan Eksotis

Dengan penampilan standar saja bentuk Nissan 350Z sudah banyak mengundang decak kagum dari banyak orang. Bentuknya yang eksotis membuat banyak pasang mata terpesona. Lalu bagaimana jika mobil ini dimodifikasi? sudah barang tentu akan tampil lebih baik lagi.

Sportscar eksotis, itulah citra pertama yang akan timbul saat melihat tampilan Nissan 350Z VeilSide. Mobil keluaran 2003 ini merupakan versi modifikasi berlabel VeilSide. Tampilan sport kupe 2 penumpang ini sangat berbeda dengan standarnya. Dengan penampilan modifikasi versi ke 2 dari Veilside membuat Nissan 350Z yang satu ini memiliki daya pikat luar biasa.

Disain dan Rancang Bangun
Bentuk bemper depan versi ke-2 mengusung nilai seni dari VeilSide dengan emblem terletak di bagian depan tengah bemper. Bentuk bemper yang terlihat rendah hampir mendekati tanah berfungsi mengatur sistem aerodinamika mobil. Yang berbeda dari versi 2 ini adalah bentuk air scoop samping seperti insang yang tak dimiliki oleh versi 1 dan 3. Sedangkan bentuk fender depan memiliki alur menyatu dengan bemper dan bagian samping agak gembung, yang memungkinkan penggunaan pelek berdiameter besar.

Bentuk kap mesin benar-benar mencerminkan gaya mobil sport dengan air scoop yang menambah penampilan menjadi terlihat sangar. Uniknya, kap mesin 350Z VeilSide terbuat dari fiber, namun tetap kokoh. Side skirt memiliki bentuk seperti aliran udara dengan tulisan timbul VeilSide di bagian belakang. Atap mobil sangat memperhitungkan faktor aerodinamis, karena mengecil ke arah belakang. Ditambah lagi penggunaan spoiler belakang untuk memberikan down force pada mobil di saat berakselerasi.

Keunikan lain terdapat dari susunan lampu rem belakang yang letaknya terpisah dengan lampu sein dan lampu mundur yang terletak di bemper belakang. Jika ditengok lebih ke bawah lagi, pada daerah bemper belakang terdapat dua knalpot racing buatan VeilSide. Konfigurasi bagian bawah bemper belakang didisain untuk mengatur aliran udara yang lewat melalui bawah mobil. Kesan futuristik juga terlihat dari bentuk disain handle pintu yang letaknya horizontal.

Baca artikel menarik lainnya >>  Seva Pusat Mobil Murah

Mobil sport ini memiliki dimensi standar, dengan panjang 4.308 mm, lebar 1.816 mm, dan tinggi 1.318 mm. Sedangkan panjang sumbu roda mobil berukuran 2.649 mm. Mobil yang memiliki tenaga besar ini menggunakan suspensi independent multi-link pada bagian depan dan belakang, serta didukung stabilizer dan strut bar standar. Tampilan eksotis juga terlihat dari penggunaan pelek yang khusus didisain oleh VeilSide berukuran 20’ dan dibalut ban Potenza S03 245/35 Z.

Selain menggunakan 2 pasang disc brake, rem depan dan belakang mobil ini dikolaborasikan dengan kaliper keluaran Brembo menggunakan 4 piston depan dan 2 piston belakang. Dan braking system mobil ini juga dilengkapi ABS dan EBD. Unsur keselamatan mobil ini selain menggunakan sabuk keselamatan juga mengadopsi kantung udara di bagian dasbor dan stir.
Disain    *****
Rancang Bangun ****

Interior

Bagian dalam mobil ini penuh instrumen berbau teknologi. Terlihat pada bagian tengah dasbor terdapat layar navigasi yang tersembunyi di dalam dasbor. Hanya dengan membuka penutup ke atas barulah layar navigasi muncul. Di atasnya terdapat panel khusus untuk indikator seperti listrik dan oli.

Teknologi lain juga terdapat pada panel meter berbentuk sporti dengan lis berwarna silver. Dalam panel rpm tersebut terdapat indikator yang berfungsi untuk memberi tanda pada saat harus mengoper gigi seperti shift light. Tanda berwarna merah pada panel rpm akan menyala bila rpm mencapai sesaat sebelum batas maksimal. Sedangkan di sampingnya terdapat indikator bertuliskan SLIP berwarna kuning untuk informasi jika kendaraan mengalami gejala slip. Konsol boks yang terpasang merupakan standar, namun tuas persneling tampak bergaya sport. Stir yang digunakan memiliki model palang tiga. Di palang itu terdapat tombol untuk pengatur volume audio. Jok 350Z ini sangat seimbang dengan power yang dimiliki mobil, dengan asumsi jok benar-benar memeluk driver agar tidak bergerak saat melakukan manuver.

Terpenting adalah rasa nyaman yang dirasakan saat duduk di jok tersebut. Rasa nyaman yang lain juga dapat dirasakan melalui lantunan lagu-lagu dari tape standar yang dilengkapi single disc. Suara lembut keluar melalui 2 buah tweeter dan 4 spiker yang terdapat pada pintu dan boks di bagian belakang. Boks yang terdapat di belakang jok ini selain untuk tempat spiker, terdapat juga laci penyimpanan barang. Selain itu, terdapat pula DVD Navigation Sistem. Sisa space bagian belakang dimanfaatkan untuk menempatkan tabung NOS dalam rangka memenuhi hasrat meningkatkan tenaga. Di bagian paling belakang ini memiliki bagasi luas dan ban cadangannya tersimpan rapi di bagian bawah. Unsur seni dari VeilSide juga terlihat dari pembatas antara kabin dengan bagasi menggunakan mika bertuliskan VeilSide bernuansa warna biru. Interior   ****

Kinerja Mesin Dan Sistem Penggerak

Mesin yang terdapat di balik kap yang terbuat dari fiber ini mempunyai nilai seni tersendiri, karena penataan ruangan yang rapi dan proporsional. Mesin VQ 35DE yang berkapasitas 3.498 cc ini tidak terlihat memenuhi ruang mesin dan tertutup oleh cover. Mobil dengan konfigurasi mesin V-6 DOHC ini memiliki teknologi Continuous Variable Valve Timing Control System (CVTCS). Sedangkan induksi bahan bakar menggunakan Sequential Multi-Point Electronic Fuel Injection. Mobil yang mengadopsi piston berbahan Molybdenum ini memiliki perbandingan kompresi 10,3 : 1. Sedangkan tenaga yang dihasilkan oleh mobil berpenggerak roda belakang tersebut sebesar 287 tk pada 6.200 rpm dan torsi 274 Nm di 4.800 rpm. Transmisi yang digunakan untuk mengimbangi power tersebut adalah transmisi manual 6 percepatan. Pengoperasian tuas persneling sangat pendek, seperti menggunakan quick shift. Performa maksimum mobil pada saat dicoba sampai dengan 190 km/jam pada posisi gigi 5 hanya dalam waktu relatif singkat. Sedangkan performa untuk 400 meter tidak dapat terealisasi, pasalnya kondisi jalan tol tempat mobilmotor mencoba tidak memungkinkan, safety first.
Kinerja mesin  *****
Sistem penggerak ****

Stabilitas Pengendaraan dan Pengendalian

Saat mobil berjalan pada kecepatan rendah, mobil ini terasa nyaman dan tidak sulit mengoperasikannya baik pada saat jalan macet. Dan saat mobil digeber pada kecepatan tinggi pun, mobil ini terasa lebih menapak karena kontur yang rendah dan efek down force dari wing belakang. Selain itu, stir terasa agak berat sehingga mobil lebih terasa stabil. Namun ada sisi yang berbahaya, pada kecepatan tinggi mobil tetap nyaman namun tidak terasa bahwa mobil sedang melaju 190 km/jam. Hal inilah yang membuat sebagian orang terbuai untuk terus menggeber. Semua kembali pada pengendara apakah bisa meng-handle atau tidak. Untuk urusan manuver, mobil ini tidak bergeser walaupun dalam kecepatan lumayan tinggi, karena adanya traksi yang baik antara ban dan jalan. Pengendaliannya juga mudah karena tidak ada gejala over steer. Tatkala melakukan zig – zag di jalan tol pun mobil ini terasa mantap.
Stabilitas  ****
Pengendalian  ****
Pengendaraan   ****

Nilai Jual

Nissan 350Z tergolong mobil sport. Ditambah lagi dengan aksesori yang dibuat VeilSide makin membuat tampilan mobil sangar. Pantas jika seseorang mengeluarkan dana Rp1,2 miliar untuk memperoleh mobil dengan spesifikasi dan modifikasi eksotis. Teknologi yang dimilikinya juga tergolong maju. Untuk mobil sekelas, Nissan 350Z VeilSide versi 2 ini menjadi alternatif  yang patut dipertimbangkan. Nilai jual  ****

Kesimpulan

Mobil standar yang sudah tergolong sport dimodifikasi dengan gaya cukup ekstrem, sehingga tampilan terlihat lebih sangar. Teknologinya selangkah lebih maju. Urusan performa mobil ini cukup hebat, terlebih stabilitas dan kenyamanan saat berkendara yang layak dipertimbangkan.

DATA TEKNIS

MESIN
Tipe: V-6, CVTCS
Kapasitas  (cc): 3.498
Tenaga (tk/rpm): 287 / 6.200
Torsi (Nm/rpm): 274 / 4.800
Diameter x langkah (mm): 95,5 x 81,4

DIMENSI
Pjg/lbr/tng(mm): 4.308/1.816/1.318
Jarak sumbu roda(mm): 2.649
Jarak pijak dpn/blk(mm): 1.534/1.544

TRANSMISI
Tipe: M/T 6 kecepatan
Gear Ratio:
1st 3,794
2nd 2,324
3rd 1,624
4th 1,271
5th 1,000
6th 0,794
Final Gear 3,538

SUSPENSI
Depan: independent multi-link, stabilizer, strut bar
Belakang: independent multi-link, stabilizer, strut bar

REM
Depan: cakram berventilasi, 4 piston caliper
Belakang: cakram berventilasi, 2 piston caliper

BAN
Ukuran: 245/35 ZR20

HARGA: Rp1,2 miliar

Penilaian :
* = buruk, ** = kurang, *** = cukup, **** = baik, ***** = istimewa

Plus & Minus

Plus: Tampilan sporti, mesin kencang, teknologi masa depan, dan stabil.
Minus: Mudah terbuai oleh kenyamanan saat melaju kencang.

Kompetitor

BMW Z3 3.0i
Mesin: I-6
Dimensi: 4.048,76 x 1.739,9 x1.292,86 mm
Transmisi : M/T 5 kecepatan
Harga: USD 56.200