Makanan Berserat Tinggi

Makanan Berserat Tinggi

Makan makanan berserat tinggi sangat penting untuk pengelolaan berat badan yang efektif dan kesehatan yang baik secara keseluruhan. Serat adalah bagian dari makanan nabati yang tidak dapat dicerna oleh tubuh kita. Untuk alasan ini, serat memiliki sejumlah efek menguntungkan. Daging dan produk susu tidak mengandung serat.

Makanan berserat tinggi membutuhkan Member Distributor Agen Flimty Fiber lebih banyak mengunyah dan dengan demikian makan lebih lambat yang menciptakan perasaan kenyang yang terjadi lebih cepat saat membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan makanan berkarbohidrat olahan (sedikit atau tanpa serat). Makanan berserat tinggi cenderung membuat Anda kenyang tanpa membuat Anda kenyang.

Serat juga membantu menjaga pergerakan usus teratur yang sangat penting dalam membersihkan tubuh dari karsinogen dan senyawa berbahaya lainnya yang menumpuk di usus. Penghapusan cepat senyawa ini dari tubuh sangat mengurangi potensi pengembangan divertikulitis dan kanker usus besar. Serat juga memediasi penyerapan lemak sehingga mengurangi risiko terjadinya aterosklerosis dan penyakit jantung.

Manfaat tunggal terbesar dari mengonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks / makanan berserat tinggi adalah bahwa serat membatasi daya cerna pati tanaman sambil membantu menyangga gula alami. Serat menyebabkan lambatnya pelepasan glukosa ke dalam aliran darah sehingga memicu peningkatan insulin secara bertahap. Ini sangat penting karena glukosa dan insulin idealnya harus bergerak bersama dengan lembut dan dalam kisaran yang terbatas. Ketika makanan berkarbohidrat rafinasi dan gula dimakan, kadar glukosa dan insulin dalam darah meningkat tajam dan kemudian turun secara tiba-tiba. Gerakan ekstrim ini berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan bertambahnya berat badan seiring dengan menciptakan kondisi kesehatan kronis dan mengancam nyawa dari waktu ke waktu.

Sayangnya, sebagian besar karbohidrat makanan saat ini berbentuk produk biji-bijian olahan yang tidak mengandung serat. Produk kenyamanan berbahan dasar tepung putih dengan umur simpan yang lebih lama dipasarkan sebagai produk yang sehat, sehat, dan diterima secara luas. Sedikit yang orang tahu bahwa pemerintah pada tahun 1942 mengamanatkan produsen untuk memperkaya tepung putih dengan vitamin .. B1, B2, B3, dan zat besi untuk mengatasi masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi penting ini. Meski begitu, tepung putih masih kehilangan nutrisi lainnya.

Demikian pula, gula putih yang merupakan produk olahan tinggi yang berasal dari tebu kaya nutrisi dan serat, tidak memberikan apa-apa selain kalori kosong. Semua serat, vitamin, mineral, dan fitokimia telah dihilangkan dalam proses pemurnian.

Masyarakat maju di seluruh dunia telah mencatat dan mengalami peningkatan kejadian obesitas, diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung sebagai akibat langsung dari peningkatan konsumsi makanan berkarbohidrat olahan dan gula yang tidak mengandung serat. Jelas bahwa meninggalkan makan makanan berserat tinggi berdampak sangat negatif pada kesehatan orang-orang di seluruh dunia.

Makanan berserat tinggi terbaik adalah makanan segar, utuh, dan alami seperti:

– sayuran silangan, brokoli, kembang kol, asparagus, kol, kangkung, brussel sprout, dan lain-lain

– kacang kering, lentil, dan kacang polong,

– biji-bijian seperti gandum, barley, gandum

– buah segar

– beras merah

Penurunan berat badan dan pengelolaan berat badan jangka panjang sangat difasilitasi dengan memasukkan makanan berserat tinggi ke dalam makanan harian Anda. Hal ini disarankan untuk dilakukan secara bertahap mengingat fakta bahwa meningkatkan serat dalam makanan Anda pada awalnya dapat menyebabkan diare dan kembung. Penting juga untuk minum lebih banyak air saat mengonsumsi makanan berserat tinggi untuk menghindari sembelit.