Teknik Pembuatan Sabun, dari Persiapan hingga Finishing

Perbaikan Air Conditioner – Tips Pemeliharaan dan Menentukan Kapan Harus Menghubungi Pro
May 20, 2019
Tips Membeli Meja di Pabrik Meja Kursi Sekolah Online
Tips Membeli Meja di Pabrik Meja Kursi Sekolah Online
July 14, 2019

Ini tentang proses Teknik Pembuatan Sabun, dari Persiapan hingga Finishing yang dingin.

Peralatan pembuatan sabun

Untuk membuat sabun buatan sendiri dengan aman, penting agar proporsi spesifik dari bahan-bahan sabun ini diikuti dengan cermat.

Sangat disarankan agar Anda menggunakan perangkat lunak khusus untuk menghitung proporsi setiap bahan dan menjalankannya setiap kali resep baru dicoba. Ada banyak jenis perangkat lunak untuk tujuan ini. Bahkan ada aplikasi iPhone.

Beberapa peralatan dasar harus digunakan saat menyiapkan bahan sabun dan membuat sabun:

  • skala yang akurat;
  • termometer pembacaan cepat yang akurat;
  • beberapa gelas ukur kecil; blender stick untuk mencampur minyak dengan campuran alkali dan memulai proses saponifikasi;
  • dan cetakan sabun.

Berikut adalah contoh proporsi untuk berbagai bahan sabun:

  • 450 gram lemak nabati;
  • 170 mililiter air
  • 60 gram soda kaustik

Proses pembuatan sabun

Persiapan bahan sabun

Pembuatan sabun membutuhkan air, alkali kaustik, dan lemak atau minyak.

Sangat penting dalam Bisnis Sabun transparan ADEV Natural bahwa soda kaustik dituangkan dengan lembut ke dalam air, dan TIDAK PERNAH sebaliknya yang akan menyebabkan semacam ledakan dan percikan produk korosif pada tubuh Anda. Suhu campuran air dan soda secara alami naik hingga sekitar 190 ° F, atau 90 ° C.

Oleh karena itu gelas (Pyrex) atau wadah stainless steel harus digunakan. Jangan gunakan wadah plastik karena akan meleleh karena suhu tinggi. Harap diingat bahwa aluminium terkorosi oleh soda. Selalu gunakan sendok kayu untuk mengaduk soda.

Mencampur bahan sabun

Suhu soda harus lebih rendah hingga 95-105 ° F (35-40 ° C) dan minyak harus dipanaskan hingga 130 ° F (55 ° C). Setelah memeriksa suhu tersebut dengan termometer pembacaan cepat yang akurat, tuangkan soda kaustik ke dalam minyak yang dipanaskan. Segera setelah kedua bahan dicampur, Anda dapat menggunakan blender stik untuk mencampurkan minyak dengan campuran alkali. Saat mengaduk campuran minyak-air-air dengan blender stick, Anda menghidupkan blender dalam semburan singkat. Blender selama 3 hingga 5 detik lalu aduk lagi.

Setelah Anda mulai menggunakan blender stik, Anda mungkin melihat minyak menjadi keruh dan campuran sabun mulai menyatu. Tetap blending dalam semburan singkat sampai minyak dan air alkali benar-benar tercampur menjadi satu. Ini seharusnya tidak lebih dari 30-40 detik.

Sekarang Anda mendekati tahap yang disebut “jejak”. Menggunakan blender stick memungkinkan Anda untuk mencapai jejak dalam waktu kurang dari satu menit sedangkan jika Anda menggunakan sendok kayu atau plastik akan membutuhkan waktu 10 hingga 75 menit untuk hasil yang sama.

Rahasia Sukses Membuat Sabun

Trace adalah istilah untuk menggambarkan konsistensi atau ketebalan, dan tahap di mana campuran sabun buatan tangan siap untuk dituangkan ke dalam cetakan. Pelacakan mudah dikenali. Menggunakan spatula plastik, gerimis sedikit di bagian atas campuran sabun. Jika ada bekas atau jejak selama beberapa detik sebelum menghilang lagi, sabun Anda telah dilacak. Campuran harus memiliki konsistensi madu cair atau puding.

Sentuhan pribadi Anda dalam sabun buatan rumah Anda

Sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk menambahkan aditif sendiri (minyak atsiri, madu, susu, dll) sebelum menuangkan campuran ke dalam cetakan sabun, yang sudah terlumasi dengan vaseline.

Anda sekarang dapat menutupi cetakan dengan kain dan membiarkannya beristirahat selama 24 hingga 36 jam sebelum memegang sabun. Memang, penyabunan membutuhkan waktu setidaknya 24 jam untuk menyelesaikan dan, selama periode ini, sabun masih bersifat korosif. Anda harus sangat berhati-hati untuk menjauhkan anak-anak darinya selama periode waktu ini.

Setelah membuat sabun

Setelah waktu ini, Anda dapat mengambil sabun dari cetakan, dan membilasnya untuk menghilangkan kelebihan alkali.

Namun, sabun masih agak lunak, dan Anda perlu mengalokasikan sekitar 6 minggu agar benar-benar kering dan keras.

Contoh resep sabun

Berbagai resep sabun dapat ditemukan di situs web tentang sabun. Sebagai contoh, berikut adalah resep yang sangat sederhana:

  • 450 gram minyak kelapa;
  • 700 gram minyak zaitun;
  • 450 gram lemak nabati;
  • 600 mililiter air;
  • 223 gram soda kaustik.

Saya tidak percaya ketika istri saya memberi tahu saya sabun yang seharusnya “alami” yang saya sangat senang gunakan adalah menodai layar kamar mandi saya; dan itu benar! Dia memberi saya sabun buatan tangan alami, dan itu adalah penemuan bagi saya. Sabun peppermint begitu manis di kulit saya dan sangat menyegarkan! Saya belum pernah merasakan hal seperti itu. Ini memulai hasrat saya untuk sabun buatan tangan alami. Saya mulai mencari dari apa sabun itu dibuat, dan sangat ketakutan ketika saya tahu apa yang mereka masukkan ke sabun yang diproduksi secara komersial!

Langsung saya memutuskan saya memiliki misi untuk memberi tahu orang-orang tentang risiko dengan sabun yang dibeli di supermarket, dan untuk mempromosikan sabun buatan sendiri. Itu bukan masalah besar bagi saya karena saya sudah menjadi pengguna Sabun transparan ADEV Natural. Saya harap Anda akan menikmati membaca dan mempelajari teknik-teknik pembuatan sabun batangan atau cair,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *