6.722 Jemaah Haji Asal Batam Sudah Pulang ke Tanah Air

Sebanyak 6.722 Haji dari sekitar 11.000 orang yang berangkat dari Batam Hang Nadim Debarkasi ke Tanah Suci dikembalikan ke Indonesia selama musim Haji 2018.

“Sampai hari ini, jemaah haji yang telah tiba di negara itu berjumlah 6.722 orang,” kata Kepala Sub Bagian Informasi dan Humas Panitia Pengorganisasian Haji Debarkasi Hang Nadim Batam Syahbudi, seperti dikutip dari Antara, Minggu (16/9/2018).

Menurut dia, sebanyak 6.722 peziarah dari Provinsi Riau, Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat dikirim pulang dalam 15 kelompok penerbangan atau penerbangan.

“Terakhir, peziarah Haji 15 tiba di Bandara Hang Nadim Batam pada hari Kamis, 13 September 2018 sekitar pukul 10:13 siang, WIB,” katanya.

Umroh Hemat Dan Menyenangkan Dengan Travel Wisata Halal

Syahbudi mengatakan bahwa sidang dari Sintang, Pontianak dan Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, bermalam semalam di Asrama Haji Batam untuk diterbangkan kembali ke daerah asal mereka pada hari Jumat, 14 September 2018.

Dia mengatakan, seorang Haji Kloter 15 terpaksa tinggal di Tanah Suci karena dia masih menerima perawatan kesehatan, yaitu Suhardjo Budiantoro Sudarmo dari Kota Pontianak.

“Orang yang bersangkutan akan dipulangkan ke negara itu bersama dengan penerbangan berikutnya jika kondisi kesehatan mereka membaik dan dinyatakan memenuhi syarat untuk terbang,” katanya.

15 peziarah lainnya, lanjut Syahbudi, bernama Syarifah Aisyah Yusuf dari Kota Pontianak meninggal di Arab Saudi pada 8 September 2018 karena Penyakit Pernafasan.

Berdasarkan catatannya hingga saat ini, 23 Haji embarkasi Hang Nadim Batam meninggal dunia saat melakukan Haji di Tanah Suci dan seorang peziarah meninggal dalam debarkasi lokal setelah tiba di Batam.