Daftar periksa teknis SEO panduan webmaster untuk optimasi pada halaman

Panduan pemasar untuk platform SEO perusahaan
February 8, 2019
jasa seo profesional
Bagaimana menggunakan media sosial menguntungkan upaya Anda dengan SEO ?
February 11, 2019

Jasa seo – Menyajikan panduan untuk melakukan semua pemeriksaan pada halaman yang perlu dilakukan oleh webmaster dan SEO untuk memastikan situs web dioptimalkan untuk pencarian.

Daftar periksa ini akan menyatukan banyak konten yang sudah diterbitkan dari situs di satu tempat, dan akan ada tautan ke panduan yang lebih rinci di seluruh.

Ada baiknya juga membaca panduan kami tentang Cara menguji situs web sebelum peluncuran dan hal-hal penting SEO untuk mengoptimalkan situs Andauntuk informasi lebih lanjut.

Mendaftar ke Google Search Console

Search Console adalah tempat Anda dapat memantau kinerja situs Anda, mengidentifikasi masalah, dan memonitor backlink. Di sinilah Google akan berkomunikasi dengan Anda jika ada kesalahan.

Berikut adalah hal-hal penting yang harus Anda set-up dan periksa secara teratur di Search Console:

  • Tetapkan domain pilihan Anda: apakah situs Anda muncul di hasil pencarian dengan awalan www atau tanpa itu.
  • Perbaikan HTML: Di sinilah Search Console akan merekomendasikan perbaikan apa pun pada deskripsi meta dan tag judul Anda, serta memberi tahu Anda tentang konten yang tidak dapat diindekskan.
  • Tautan ke situs Anda: di  sini Anda dapat melihat domain yang paling banyak menautkan ke situs Anda dan kontennya, serta halaman web Anda yang paling banyak ditautkan.
  • Tindakan manual: Google akan memberi tahu Anda jika telah melakukan tindakan manual ke situs Anda atau halaman web tertentu.
  • Penargetan internasional: pastikan Anda menargetkan audiens pilihan Anda berdasarkan bahasa dan negara.
  • Status indeks: ini memungkinkan Anda mengetahui berapa banyak halaman situs web Anda yang saat ini termasuk dalam indeks Google. Anda dapat dengan cepat melihat tren yang mengkhawatirkan, serta halaman mana saja yang telah diblokir oleh robot atau dihapus.
  • Kesalahan perayapan: laporan ini menunjukkan semua kesalahan yang ditemukan Google saat merayapi situs Anda selama 90 hari terakhir.
  • editor robots.txt: ini adalah tempat Anda dapat mengedit robots.txt dan memeriksa kesalahan. Bagian bawah halaman mengungkapkan kesalahan dan peringatan Anda.

Daftar ke Google Analytics

Google Analytics adalah layanan gratis yang melacak dan melaporkan lalu lintas situs web. Memberikan wawasan tentang demografi pengunjung situs, kinerja kampanye tertentu, dan berapa lama orang tinggal di situs Anda.

Pastikan Google Analytics atau paket analitik yang Anda gunakan, telah disiapkan dan siap untuk digunakan sejak hari pertama sehingga Anda dapat mengukur dan menganalisis lalu lintas ke situs Anda.

Kecepatan situs

Gunakan alat tes kecepatan situs Google sendiri untuk memeriksa seberapa cepat situs web Anda memuat dan mengimplementasikan perubahan yang disarankannya.

Keramahan mobile

Apakah situs web Anda dan isinya sama-sama dioptimalkan untuk ukuran layar atau perangkat tertentu? Ingatlah bahwa Google telah menyatakan bahwa desain responsif adalah metode optimalisasi seluler yang disukai. Lihat daftar periksa ramah-ponsel kami yang menyeluruh untuk membantu memperbaiki masalah apa pun.

Tag judul

  • Tag judul harus sepanjang 50-60 karakter, termasuk spasi.
  • Kata kunci Anda yang paling penting harus menjadi yang pertama di tag judul Anda, dengan kata-kata paling tidak penting Anda berada di urutan terakhir.
  • Jika nama perusahaan Anda bukan bagian dari frasa kata kunci penting, letakkan di akhir tag judul.
  • Jangan menduplikasi tag judul, mereka harus ditulis berbeda untuk setiap halaman.
  • Jangan mereplikasi tag judul Anda secara massal karena akan memengaruhi visibilitas pencarian Anda secara negatif.
  • Tag judul harus secara akurat menggambarkan konten pada halaman.
  • Jangan tag judul ‘kata kunci’.
  • Buat judul (tag <h1>) Anda berbeda dari tag judul.

Deskripsi meta

  • Pastikan kata kunci Anda yang paling penting untuk halaman web muncul di deskripsi meta .
  • Tulis salinan yang terbaca dan dapat dibaca.
  • Panjang meta deskripsi tidak boleh lebih dari 135 – 160 karakter. Lebih lama dan mesin pencari akan memotong ujungnya, jadi pastikan kata kunci penting ada di bagian depan.
  • Jangan menduplikasi deskripsi meta. Panduan pemasar untuk platform SEO perusahaan

Berita utama

Judul artikel Anda harus di bawah 55 karakter untuk memastikan visibilitas lengkapnya di SERP. Pastikan mereka tajam, menarik dan sejelas mungkin.

Tag H1 – H6

Pastikan tajuk Anda ditandai sebagai H1, dan setiap tajuk dalam artikel Anda diberi tag H2, H3, dll. Pastikan judulnya digunakan dalam urutan yang menurun dan logis.

Gambar

Pastikan semua gambar Anda dioptimalkan untuk web . Memastikan mereka tidak terlalu besar – dan pengeringan kecepatan situs. Serta diberi label dengan benar dengan judul dan alt-teks.

Peta Situs XML / Peta Situs HTML

Pastikan situs web Anda memiliki peta situs yang akurat dalam format XML dan HTML, untuk memastikan pengindeksan menyeluruh dan lengkap oleh Google.

Laman Seluler yang Dipercepat

Jika Anda menggunakan proyek AMP Google untuk menyediakan halaman web pemuatan yang lebih cepat kepada para pencari seluler, Anda harus memastikan ini dirender dengan benar. Anda dapat memeriksa ini di alat AMP Search Console .

Integrasi media sosial

Apakah ikon media sosial di situs membuka halaman yang benar? Apakah Anda memiliki tombol yang tepat dan plugin sosial yang diinstal untuk apa yang ingin Anda capai dan apa yang Anda ingin dapat dilakukan pengguna? (Misalnya, apakah itu ‘membagikan pos’ daripada ‘Suka’ halaman Anda di Facebook.)

Sertifikat Aman

Jika situs Anda e-niaga, atau Anda menggunakan halaman terenkripsi untuk melindungi privasi pengunjung pada formulir atau di tempat lain, Anda harus memeriksa sertifikat Anda.

Konten rangkap

Jika Anda memiliki duplikat konten di situs Anda sendiri, atur 301 redirect sehingga Google hanya mengindeks halaman pilihan Anda.

Jika Anda menerbitkan ulang konten situs lain (dengan izin tentu saja) memastikan ada tag rel = canonical pada setiap halaman yang terhubung ke sumber asli.

berita Google

Periksa situs Anda memenuhi syarat untuk Google News, jika tidak, coba kirim ulang setelah Anda melakukan saran Google.

Nofollow

Tambahkan rel = “nofollow” ke tautan apa pun yang tidak Anda inginkan untuk diikuti oleh perayap mesin pencari. Misalnya, konten yang disponsori atau artikel yang dipimpin secara komersial dengan tautan ke vendor atau penyedia layanan.

Periksa data terstruktur

Bagian Data Terstruktur di Search Console berisi informasi tentang semua elemen data terstruktur yang Google temukan di situs Anda, baik dari marka Skema atau Microformats lainnya. Periksa apakah ada kesalahan. Jika Anda mengklik ‘Jenis Data’ individual, URL itu akan menunjukkan kepada Anda URL mana yang berisi markup tertentu dan kapan terdeteksi.

Kode respons kesalahan

Kode respons , seperti 400, 403, 404, 500 dan 503, harus diselidiki secara menyeluruh. Jika Anda melihat beberapa hasil 404 dari tautan situs internal, segera perbaiki tautan yang menyinggung itu.

Pastikan 301 digunakan untuk semua pengalihan, dan hindari pengalihan 302 atau 307.

Tautan internal

Apakah Anda menggunakan tautan internal dengan cara yang paling efektif? Anda harus memiliki beberapa tautan internal yang relevan per artikel (tergantung pada panjang dan jenis konten). Pastikan teks jangkar bersifat deskriptif untuk halaman yang ditautkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *