Berapa Biaya Umroh Yang Wajar Dan Bagaimana Cara Menabungnya?

Mumpung bulan puasa, goresan pena blog keuangan tercintah ini nyerempet keagamaan gapapa kan yak. Kalau istilah orang internet marketing, jangan berhenti pada engkau , berikan merata!!

 

Apabila ada satu hal yg paling tidak saya sesali sebelum tewas, maka itu merupakan berangkat umroh. Saya bukan ustadz gaes, belum mampu ilmunya. Tapi paling tidak, artikel kali ini mampu membantu Anda yg memiliki harapan tinggi buat mampu beribadah di tanah kudus Mekkah & Madinah.

 

Tentu kita paham, bepergian ke luar negeri, terlebih buat tujuan umroh & haji bukan perkara murah buat sebagian besar  orang Indonesia. Ketika perkara First Travel mencuat, banyak calon jemaah yg sebagian akbar berusia lanjut, berusaha nabung bertahun-tahun agar bisa berangkat umroh.

 

Well, nir semua orang seberuntung Anda kisanak, yg pada sebulan mampu dapet 20-30 juta!

 

Jangan sombong, belum tentu Anda yg umroh tiap tahun, ibadahnya lebih baik berdasarkan kakek nenek yang cuma bisa sekali seumur hidupnya karena kasus porto.

 

Back to the topic!

 

Untuk urusan pendanaan travelling, terutama biaya  umroh, maka paling nir ada DUA aspek kunci yang perlu menerima perhatian spesifik. Yang pertama adalah KAPAN Anda berencana buat melaksanakan ibadah umroh. Dan yg ke 2 merupakan BAGAIMANA Anda akan mengeksekusinya.

 

Masa hanya dua duduk perkara itu masbro?

 

Bapak-ibu sekalian, dua pertanyaan tadi itu jika di breakdown akan sebagai sangat rigid. Jawabannya akan kita tuangkan dalam poin-poin yg kita diskusikan sekarang.

 

  1. Berapa porto umroh yang masuk akal?

First Travel menjanjikan biaya  yg jauh pada bawah rata-rata, yakni kisaran 13 jutaan waktu umroh lain berada di atas 20 juta. Tulisan ini dibentuk bulan Juni, sekarang kita coba buka penerbangan bulan November ya, lima-6 bulan menurut tulisan ini menggunakan situs pembanding harga maskapai.

 

Nah menurut tabel aja keliatan bukan, minimal buat transport pesawat saja yang masuk akal untuk 5-6 bulan ke depan terdapat di harga 11 jutaan. Kalau agen menjual paket umroh sebesar 13 juta, masa iya sisanya cuma 2 juta? Itu masih wajib  biaya  bus, penginapan, bayar ini itu dan lain sebagainya.

 

Tidak logis Bapak/Ibu sekalian.

 

Berapa harga wajarnya?

 

Menurut aku , jika harga paket umroh yg ditawarkan minimal adalah 2x berdasarkan harga tiket pesawat yang kita cek di pasaran, maka sangat wajar, lantaran agen pula cari laba. Jadi menggunakan harga tiket 11 juta tadi, akan wajar sebuah paket umroh menjual di range 21-23 juta buat paket hematnya.

 

Gaes, pada usaha travel, konsumsi terbesar memang di tiket pesawat, baru lalu akomodasi. Jika Anda telah mengetahui maskapai apa yg digunakan, kemudian hotel mana loka menginapnya, maka kalian pula telah mampu berhitung sendiri sebenarnya berapa porto umroh yang lumrah.

 

  1. Bagaimana mencari agen tour umroh yg rupawan?

Bagus ialah pas, ga kemahalan & ga kemurahan.

 

Gini dulu deh, you semua mau umroh dowang apa umroh plus-plus?

 

Umroh plus-plus adalah ditambah liburan ke Turki, Eropa, Mesir, & loka lainnya gitu. Rata-rata sih golongan tajir minta yang plus.

 

Nah sesudah tahu mau paket umroh yg mana, maka kalian browsing deh beberapa agen tour yg memberikan umroh. Saya sangat menyarankan buat tidak langsung tetapkan waktu Anda nemu beberapa agen.

 

Perkecil pilihan dari ratusan agen tour yang terdapat menjadi 3 atau lima agen. Saat ini ada beberapa situs spesifik yang menciptakan pemeringkatan biro jasa umroh, tapi jangan dari percaya. Akan lebih baik Anda observasi langsung ke tempat kerja agen tersebut.

 

Ada beberapa cara sebelum menjatuhkan pilihan ke agen umroh travel wisata halal, diantaranya:

 

Menanyakan perizinan yg sudah didapat menurut Kementerian Agama.

Melihat track record keberangkatan, apakah ada jemaah yang tertunda diberangkatkan.

Jika harganya sangat murah, cari faktor “X” yang menciptakan perusahaan mampu memberi harga murah tersebut.

Cari liputan menurut internet tentang agen umroh tadi, jika perlu tanyakan pada beberapa jemaah yg pernah memakai jasanya.

Tiga. Trik menabung untuk umroh pada usia muda

Siapa coba yg nir pengen umroh pake duit sendiri di usia belia, katakanlah 30-an deh. Cukup & sangat rasional!

 

Dan dari saya, akan sangat elegan bila ibadah tersebut memakai uang yang sudah bersih berdasarkan utang atau kewajiban lainnya. Singkat cerita, janganlah berutang buat umroh & beresin zakatnya dulu. Itu menurut saya.

 

Bagaimana cara menabungnya?

 

Strategi pertama adalah menabung menggunakan paksa. Tidak semua yg dipaksa ga enak kawan, yang krusial bagaimana kalian menikmati paksaan itu. Jadi terdapat beberapa bank yg menyediakan auto-debet bulanan. Katakanlah kalian berencana umroh 2 tahun lagi, maka sanggup minta bank mengauto-debetkan sebulan sejuta. Di akhir tahun ke 2 uda 24 juta terkumpul tuh, mampu deh terbang ke Mekkah & Madinah.

 

Strategi kedua adalah investasi ke instrumen yang ngasih return cepat. Ini yang aku  lakukan, jadi untuk umroh memang didanai dari profit investasi. Tapi syaratnya, Anda wajib  memahami bagaimana cara berinvestasi dengan sempurna. Toh uda banyak tips yg diulas di blog ini.

 

  1. Antisipasi pengeluaran pada Tanah Suci

Jemaah Indonesia termasuk yang paling doyan menghamburkan duit saat bepergian ke tanah suci, terutama oleh-sang yang bakal bikin pengeluaran membengkak. Apalagi para pedagang pada sana sudah sangat lancar berbahasa Indonesia, jadi potensi riyal terbuang makin banyak.

 

Oleh karena itu, yg perlu dipertimbangkan ketika menghitung porto umroh pula masukkan potensi pengeluarannya. Tapi ingat, jangan banyak-banyak ya. Tujuan Anda kan beribadah, bukan belanja.

 

  1. Semoga umroh Anda mabrur!

Itu aja ya dialog kita tentang umroh, semoga mabrur seluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *