Berapa Biaya Umroh Yang Wajar Dan Bagaimana Cara Menabungnya?

Mumpung bulan puasa, goresan pena blog keuangan tercintah ini nyerempet keagamaan gapapa kan yak. Kalau istilah orang internet marketing, jangan berhenti pada engkau , berikan merata!!

 

Apabila ada satu hal yg paling tidak saya sesali sebelum tewas, maka itu merupakan berangkat umroh. Saya bukan ustadz gaes, belum mampu ilmunya. Tapi paling tidak, artikel kali ini mampu membantu Anda yg memiliki harapan tinggi buat mampu beribadah di tanah kudus Mekkah & Madinah.

 

Tentu kita paham, bepergian ke luar negeri, terlebih buat tujuan umroh & haji bukan perkara murah buat sebagian besar  orang Indonesia. Ketika perkara First Travel mencuat, banyak calon jemaah yg sebagian akbar berusia lanjut, berusaha nabung bertahun-tahun agar bisa berangkat umroh.

 

Well, nir semua orang seberuntung Anda kisanak, yg pada sebulan mampu dapet 20-30 juta!

 

Jangan sombong, belum tentu Anda yg umroh tiap tahun, ibadahnya lebih baik berdasarkan kakek nenek yang cuma bisa sekali seumur hidupnya karena kasus porto.

 

Back to the topic!

 

Untuk urusan pendanaan travelling, terutama biaya  umroh, maka paling nir ada DUA aspek kunci yang perlu menerima perhatian spesifik. Yang pertama adalah KAPAN Anda berencana buat melaksanakan ibadah umroh. Dan yg ke 2 merupakan BAGAIMANA Anda akan mengeksekusinya.

 

Masa hanya dua duduk perkara itu masbro?

 

Bapak-ibu sekalian, dua pertanyaan tadi itu jika di breakdown akan sebagai sangat rigid. Jawabannya akan kita tuangkan dalam poin-poin yg kita diskusikan sekarang.

 

  1. Berapa porto umroh yang masuk akal?

First Travel menjanjikan biaya  yg jauh pada bawah rata-rata, yakni kisaran 13 jutaan waktu umroh lain berada di atas 20 juta. Tulisan ini dibentuk bulan Juni, sekarang kita coba buka penerbangan bulan November ya, lima-6 bulan menurut tulisan ini menggunakan situs pembanding harga maskapai.

 

Nah menurut tabel aja keliatan bukan, minimal buat transport pesawat saja yang masuk akal untuk 5-6 bulan ke depan terdapat di harga 11 jutaan. Kalau agen menjual paket umroh sebesar 13 juta, masa iya sisanya cuma 2 juta? Itu masih wajib  biaya  bus, penginapan, bayar ini itu dan lain sebagainya.

 

Tidak logis Bapak/Ibu sekalian.

 

Berapa harga wajarnya?

 

Menurut aku , jika harga paket umroh yg ditawarkan minimal adalah 2x berdasarkan harga tiket pesawat yang kita cek di pasaran, maka sangat wajar, lantaran agen pula cari laba. Jadi menggunakan harga tiket 11 juta tadi, akan wajar sebuah paket umroh menjual di range 21-23 juta buat paket hematnya.

 

Gaes, pada usaha travel, konsumsi terbesar memang di tiket pesawat, baru lalu akomodasi. Jika Anda telah mengetahui maskapai apa yg digunakan, kemudian hotel mana loka menginapnya, maka kalian pula telah mampu berhitung sendiri sebenarnya berapa porto umroh yang lumrah.

 

  1. Bagaimana mencari agen tour umroh yg rupawan?

Bagus ialah pas, ga kemahalan & ga kemurahan.

 

Gini dulu deh, you semua mau umroh dowang apa umroh plus-plus?

 

Umroh plus-plus adalah ditambah liburan ke Turki, Eropa, Mesir, & loka lainnya gitu. Rata-rata sih golongan tajir minta yang plus.

 

Nah sesudah tahu mau paket umroh yg mana, maka kalian browsing deh beberapa agen tour yg memberikan umroh. Saya sangat menyarankan buat tidak langsung tetapkan waktu Anda nemu beberapa agen.

 

Perkecil pilihan dari ratusan agen tour yang terdapat menjadi 3 atau lima agen. Saat ini ada beberapa situs spesifik yang menciptakan pemeringkatan biro jasa umroh, tapi jangan dari percaya. Akan lebih baik Anda observasi langsung ke tempat kerja agen tersebut.

 

Ada beberapa cara sebelum menjatuhkan pilihan ke agen umroh travel wisata halal, diantaranya:

 

Menanyakan perizinan yg sudah didapat menurut Kementerian Agama.

Melihat track record keberangkatan, apakah ada jemaah yang tertunda diberangkatkan.

Jika harganya sangat murah, cari faktor “X” yang menciptakan perusahaan mampu memberi harga murah tersebut.

Cari liputan menurut internet tentang agen umroh tadi, jika perlu tanyakan pada beberapa jemaah yg pernah memakai jasanya.

Tiga. Trik menabung untuk umroh pada usia muda

Siapa coba yg nir pengen umroh pake duit sendiri di usia belia, katakanlah 30-an deh. Cukup & sangat rasional!

 

Dan dari saya, akan sangat elegan bila ibadah tersebut memakai uang yang sudah bersih berdasarkan utang atau kewajiban lainnya. Singkat cerita, janganlah berutang buat umroh & beresin zakatnya dulu. Itu menurut saya.

 

Bagaimana cara menabungnya?

 

Strategi pertama adalah menabung menggunakan paksa. Tidak semua yg dipaksa ga enak kawan, yang krusial bagaimana kalian menikmati paksaan itu. Jadi terdapat beberapa bank yg menyediakan auto-debet bulanan. Katakanlah kalian berencana umroh 2 tahun lagi, maka sanggup minta bank mengauto-debetkan sebulan sejuta. Di akhir tahun ke 2 uda 24 juta terkumpul tuh, mampu deh terbang ke Mekkah & Madinah.

 

Strategi kedua adalah investasi ke instrumen yang ngasih return cepat. Ini yang aku  lakukan, jadi untuk umroh memang didanai dari profit investasi. Tapi syaratnya, Anda wajib  memahami bagaimana cara berinvestasi dengan sempurna. Toh uda banyak tips yg diulas di blog ini.

 

  1. Antisipasi pengeluaran pada Tanah Suci

Jemaah Indonesia termasuk yang paling doyan menghamburkan duit saat bepergian ke tanah suci, terutama oleh-sang yang bakal bikin pengeluaran membengkak. Apalagi para pedagang pada sana sudah sangat lancar berbahasa Indonesia, jadi potensi riyal terbuang makin banyak.

 

Oleh karena itu, yg perlu dipertimbangkan ketika menghitung porto umroh pula masukkan potensi pengeluarannya. Tapi ingat, jangan banyak-banyak ya. Tujuan Anda kan beribadah, bukan belanja.

 

  1. Semoga umroh Anda mabrur!

Itu aja ya dialog kita tentang umroh, semoga mabrur seluruh.

Mie Ayam Legendaris

Setelah kunjungan entah kesekian kalinya baru sadar belum pernah review. Mie ayam Legendaris ini salah  satu mie ayam favorit mama mertua, jadi udah sanggup dipastikan bakal mampir jikalau lagi pada sekitar cikini pas lagi ngidam mie.

Tempat barunya ngga jauh berdasarkan loka lama   yang dilalap si jago merah beberapa waktu yg lalu. Sedikit lebih nyaman karena jalanannya ngga seramai jalanan primer, area parkir tetap pada pinggiran jalan dengan tukang parkir yang selalu stand by di tempat. Mie Ayam H.Mahmud.S sekarang menempati sebuah tempat tinggal   pula, saya pilih area duduk di teras sembari menikmati es podeng yang mangkal pada area teras.

Yang aku  kurang senang pelayanan disini, lama   banget. Makanan keluar selesainya nunggu hampir 1/2 jam, pelayannya pula jutek-jutek dan ngomongnya agak nyolot.

Saya kasih rating 4 buat makanannya aja, rasanya ngga berubah dari dulu. Pesan Mi Ayam Baso Pangsit, Kwetiaw Baso Pangsit, Mi Ayam Pangsit Goreng & Pangsit Goreng. Mie nya licin tipis, enak tapi topping ayamnya biasa aja. Saya paling senang sama pangsit rebusnya, tipis, lembut, licin & tasty banget. Untuk pangsit gorengnya renyah & enak tapi cocolannya cantik banget. Sambal disini spesial   ala chinese food sekali, asam lantaran umumnya gunakan cuka bila spesial   chinese food.

BPKH Disebut Gegabah Mendistribusikan Sumbangan Gempa dari Dana Haji

Pengamat Haji Ade Marfuddin Rabithah menilai bahwa pemerintah terlalu terburu-buru mengambil kebijakan dalam penggunaan dana haji. Kebutuhan haji masih belum terpenuhi secara keseluruhan tetapi tiba-tiba Kementerian Agama (Kemenag) melalui Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) meluncurkan Program Manfaat 2018.

 

“Ada hal-hal penting dan merupakan prioritas untuk penggunaan dana Haji. Mengapa BPKH bosan memikirkan dana untuk bencana alam? Bencana dan gempa bumi, sudah ada bantuan dan lembaga yang bernaung, dana Haji tidak dimaksudkan untuk itu. Jadi jangan tumpang tindih, karena sudah banyak bantuan gempa. Semua orang juga terlibat hingga dana dari luar negeri masuk, “katanya, Senin (22/10).

 

Ade mengatakan, prioritas penggunaan dana Haji masih perlu ditingkatkan. “Jangan bicara, jangan jadi tujuan politik. Dana haji tidak peduli dengan itu, jangan gunakan dana haji,” katanya.

 

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan BPKH dalam memenuhi implementasi haji. Misalnya, pembangunan pondok di Arab Saudi dan pembelian pesawat khusus untuk jamaah Indonesia. “Jika ada sejumlah triliun kebutuhan haji yang lebih baik dan terpenuhi, kegiatan lain dapat dibiayai. Ini berarti di mana prioritas pekerjaan, jika wajib untuk menyelesaikan sunnah dapat dilakukan,” katanya.

 

Kementerian Agama (Kemenag) melalui Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) meluncurkan Program Kemakmuran 2018. Tahun ini, BPKH secara khusus melalui Program Manfaat akan menyalurkan bantuan untuk mengatasi tanggap darurat gempa dan tsunami di Pusat dan NTB. Dana masyarakat melalui Program Manfaat akan disalurkan ke masing-masing Rp. 5 miliar untuk warga Sulawesi Tengah dan Rp. 24 milyar untuk rehabilitasi di NTB.

 

Program Manfaat memiliki enam alokasi. Di antaranya, layanan haji dan umrah, fasilitas ibadah, pendidikan dan pengabaran, ekonomi masyarakat, kesehatan dan agama sosial.

 

Untuk alasan ini, Ade meminta BPKH untuk memprioritaskan kebutuhan para jamaah Indonesia. Ini untuk meningkatkan layanan penyelenggara Haji dan umroh sebagai travel wisata halal serta meminta Kementerian Agama untuk duduk bersama dengan BPKH dalam memenuhi kebutuhan para jamaah.

 

Dia mengatakan bahwa itu tidak sembarangan bahwa dana rakyat digunakan untuk pendidikan umum. Tetapi akan lebih baik jika dana pendidikan diarahkan untuk mendukung haji. “Ada hal-hal penting yang diamanatkan oleh UU, ada prioritas yang perlu diprioritaskan untuk dana Haji. BPKH memiliki beberapa komponen yang diprioritaskan, selama upaya untuk mendorong layanan kepada semua jamaah, jika barang ini telah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah apa saja, “katanya.

Mie AJ Spesial

Munculnya hidangan ini sederhana tetapi memberikan sedikit kepuasan. Mie AJ Spesial ini bisa dikatakan kecil, karena memiliki banyak penggemar setia di Mie Ayam Mahmud Medan.

 

Ada yang suka menikmatinya tanpa kuah kaldu bening yang disajikan secara terpisah, ada yang menghirup susunya setelah beberapa suapan mie lezat ini & ada juga yang suka memakannya setelah menambahkan saus terlebih dahulu sesuai selera. Dengan cara apa pun Anda memakannya, Bakmi Ayam Jamur yang berisi mie rebus & caisim dan potongan ayam & jamur, ini masih menjadi jagoan untuk memuaskan selera makan Anda.

 

Tiba-tiba saya ingin makan Mie AJ Spesial ini? Datang saja ke Mie Ayam Mahmud atau jika Anda ingin menikmati menu Mie Ayam lainnya yang sama lezatnya di rumah dengan keluarga atau di kantor dengan rekan kerja, silakan memesan melalui Go-Food. Saat ini Go-Food tersedia untuk melayani pencinta mie ayam di sekitaran Medan

 

Juga dapatkan penawaran spesial lain dari Mie Ayam Mahmud dengan mengikuti Instagram Mie Ayam Mahmud

Diet Keto Apa Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah?

Diet keto membantu Anda membatasi asupan karbohidrat dan gula untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Selain itu, beberapa pihak yang mendukung metode ini juga mengatakan diet keto sekaligus bisa membantu menurunkan gula darah. Benarkah manfaat diet keto yang satu ini?

Mie Ayam Jamur Legendaris

Sekilas info tentang diet keto

Diet keto merupalan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Asupan karbohidrat yang dibolehkan selama diet ini tidak lebih dari 30 gram dari total kalori harian, sementara asupan lemak harus diperbanyak hingga 60-70%, yaitu sekitar 3-4 gram per 1 gram karbohidrat dan protein yang dikonsumsi.

Beberapa makanan tinggi lemak dan protein yang disarankan ketika menjalani diet keto adalah:

  • Telur
  • Ikan berlemak, seperti salmon
  • Alpukat
  • Keju
  • Zaitun dan minyak zaitun
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian

 

Dengan diet keto, tubuh akan membakar lebih banyak lemak sebagai energi karena tidak memiliki cukup simpanan karbohidrat yang menjadi sumber energi utama. Dari sinilah manfaat keto muncul untuk menurunkan berat badan.

Manfaat diet keto benar juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah?

Ketika Anda membatasi konsumsi karbohidrat secara ketat, tubuh akan masuk ke dalam tahap ketosis. Kekurangan karbohidrat membuat kadar glukosa (gula darah) turun sehingga tubuh akan mulai memecah lemak keton untuk dijadikan sebagai sumber energi.

Ketosis sebenarnya merupakan bentuk ringan dari ketoasidosis yang biasanya menyerang penderita diabetes tipe 1, dan merupakan penyebab kematian utama pada penderita diabetes di bawah usia 24 tahun.

Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa keadaan ketosis tidaklah berbahaya. Pemecahan keton rupanya malah dapat membantu mengendalikan resistensi insulin. Ketika kadar gula darah dalam tubuh lebih stabil, ini juga sekaligus membantu mengurangi kebutuhan tambahan insulin (hormon yang membantu mengubah gula menjadi energi).

Selain itu, diet ketogenik juga membuat tubuh membakar lemak yang lebih banyak sehingga juga membantu mengurangi berat badan. Penurunan berat badan yang mendekati normal dihubungkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

Itu kenapa manfaat diet keto dipercaya bisa membantu penderita diabetes mengendalikan kadar gula darah mereka. Beberapa penelitian bahkan mengatakan bahwa diet ketogenik dikatakan aman bagi penderita obesitas atau orang yang kelebihan berat badan.

Hati-hati dengan efek samping diet keto

Meski ada banyak manfaat diet keto yang bisa Anda dapatkan, sebaiknya juga kenali dan waspadai berbagai efek samping yang mungkin muncul setelahnya. Pasalnya diet keto memang sejak awal tidak diperuntukkan khusus sebagai cara menurunkan berat badan, melainkan sebagai pola makan khusus untuk orang yang memiliki gangguan epilepsi. Orang-orang epilepso kesulitan untuk mencerna karbohidrat di dalam tubuh, sehingga harus sangat dibatasi asupannya agar gejala epilepsi lebih mudah dikelola.

Bagi orang sehat, diet keto jangka panjang akan mengubah bagaimana cara metabolisme tubuh menggunakan energi yang tentu dapat membawa efek samping bagi tubuh. Beberapa efek samping yang bisa muncul pada awal melakukan diet ketogenik adalah:

  • Konstipasi atau sembelit.
  • Sering buang air kecil.
  • Kram pada kaki.
  • Sakit kepala.
  • Lemas karena merasa kekurangan energi.
  • Gejala flu.

Selain itu, keton yang dihasilkan terlalu banyak dalam tubuh saat diet keto ternyata dapat meningkatkan risiko ketoasidosis, yang merupakan kondisi medis berbahaya.

Jika Anda merasakan gejala diabetes-ketoasidosis berikut ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

  • Gula darah tinggi.
  • Mulut kering.
  • Sering buang air kecil.
  • Mual.
  • Bau napas seperti bau buah.
  • Kesulitan bernapas.

Bagi Anda yang sedang menjalani diet keto, disarankan agar menguji kadar gula darah sepanjang hari untuk memastikannya tetap dalam kadar normal.

Diet Keto Apa Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah?

Diet keto membantu Anda membatasi asupan karbohidrat dan gula untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Selain itu, beberapa pihak yang mendukung metode ini juga mengatakan diet keto sekaligus bisa membantu menurunkan gula darah. Benarkah manfaat diet keto yang satu ini?

Sekilas info tentang diet keto
Diet keto merupalan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Asupan karbohidrat yang dibolehkan selama diet ini tidak lebih dari 30 gram dari total kalori harian, sementara asupan lemak harus diperbanyak hingga 60-70%, yaitu sekitar 3-4 gram per 1 gram karbohidrat dan protein yang dikonsumsi.

Beberapa makanan tinggi lemak dan protein yang disarankan ketika menjalani diet keto adalah:

Telur
Ikan berlemak, seperti salmon
Alpukat
Keju
Zaitun dan minyak zaitun
Kacang-kacangan
Biji-bijian
Dengan diet keto, tubuh akan membakar lebih banyak lemak sebagai energi karena tidak memiliki cukup simpanan karbohidrat yang menjadi sumber energi utama. Dari sinilah manfaat keto muncul untuk menurunkan berat badan.

Manfaat diet keto benar juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah?
Ketika Anda membatasi konsumsi karbohidrat secara ketat, tubuh akan masuk ke dalam tahap ketosis. Kekurangan karbohidrat membuat kadar glukosa (gula darah) turun sehingga tubuh akan mulai memecah lemak keton untuk dijadikan sebagai sumber energi.

Ketosis sebenarnya merupakan bentuk ringan dari ketoasidosis yang biasanya menyerang penderita diabetes tipe 1, dan merupakan penyebab kematian utama pada penderita diabetes di bawah usia 24 tahun.

Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa keadaan ketosis tidaklah berbahaya. Pemecahan keton rupanya malah dapat membantu mengendalikan resistensi insulin. Ketika kadar gula darah dalam tubuh lebih stabil, ini juga sekaligus membantu mengurangi kebutuhan tambahan insulin (hormon yang membantu mengubah gula menjadi energi).

Selain itu, diet ketogenik juga membuat tubuh membakar lemak yang lebih banyak sehingga juga membantu mengurangi berat badan. Penurunan berat badan yang mendekati normal dihubungkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

Itu kenapa manfaat diet keto dipercaya bisa membantu penderita diabetes mengendalikan kadar gula darah mereka. Beberapa penelitian bahkan mengatakan bahwa diet ketogenik dikatakan aman bagi penderita obesitas atau orang yang kelebihan berat badan.

Hati-hati dengan efek samping diet keto
Meski ada banyak manfaat diet keto yang bisa Anda dapatkan, sebaiknya juga kenali dan waspadai berbagai efek samping yang mungkin muncul setelahnya. Pasalnya diet keto memang sejak awal tidak diperuntukkan khusus sebagai cara menurunkan berat badan, melainkan sebagai pola makan khusus untuk orang yang memiliki gangguan epilepsi. Orang-orang epilepso kesulitan untuk mencerna karbohidrat di dalam tubuh, sehingga harus sangat dibatasi asupannya agar gejala epilepsi lebih mudah dikelola.

Bagi orang sehat, diet keto jangka panjang akan mengubah bagaimana cara metabolisme tubuh menggunakan energi yang tentu dapat membawa efek samping bagi tubuh. Beberapa efek samping yang bisa muncul pada awal melakukan diet ketogenik adalah:

Konstipasi atau sembelit.
Sering buang air kecil.
Kram pada kaki.
Sakit kepala.
Lemas karena merasa kekurangan energi.
Gejala flu.
Selain itu, keton yang dihasilkan terlalu banyak dalam tubuh saat diet keto ternyata dapat meningkatkan risiko ketoasidosis, yang merupakan kondisi medis berbahaya.

Mie Ayam Jamur Mahmud

Jika Anda merasakan gejala diabetes-ketoasidosis berikut ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Gula darah tinggi.
Mulut kering.
Sering buang air kecil.
Mual.
Bau napas seperti bau buah.
Kesulitan bernapas.
Bagi Anda yang sedang menjalani diet keto, disarankan agar menguji kadar gula darah sepanjang hari untuk memastikannya tetap dalam kadar normal.

Evaluasi Haji, Kementerian Kesehatan Menangkan 3 Penghargaan dari Arab Saudi

Madinah Indah Wisata Tempatnya Umroh Murah Di JAKARTA

Setelah periode operasional Haji 1439 H / 2018 selesai, Kementerian Kesehatan Indonesia memenangkan tiga penghargaan dari Kerajaan Arab Saudi untuk ketangkasan tenaga medis Indonesia ketika berurusan dengan masalah kesehatan peziarah. Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek pada Evaluasi Nasional Pelaksanaan Kesehatan Haji pada 2018.

“Terima kasih kepada PPIH (Panitia Pengorganisasian Haji) di sektor kesehatan Arab Saudi dengan diterimanya tiga penghargaan pada 2018. Itu adalah penghargaan untuk pelayanan kesehatan terbaik dari Kantor Urusan Haji Kerajaan Arab Saudi Haji, “kata Nila Moeloek di JS Luwansa Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (11/10/2018).

Sementara itu, dua penghargaan lainnya, lanjut Nila, termasuk layanan kesehatan dari Direktur Pelayanan Kesehatan Kerajaan Departemen Kesehatan Arab Saudi dan penghargaan untuk upaya promotif preventif kesehatan para peziarah dari Direktur Kedokteran Klinis Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi.

Tidak hanya mendapat penghargaan dari Arab Saudi, Menteri Kesehatan Nila Moeloek juga mengklaim bahwa target pemeriksaan kesehatan dan bimbingan untuk peziarah tahun ini telah melampaui target 75 persen.

“Jumlah ziarah di 1439 Hijriah atau 2018 Masehi, sebanyak 221.000 jamaah, dimana 65,5 persen adalah peziarah dengan risiko tinggi. Jumlah ini lebih tinggi dari 6.186 jamaah dari tahun sebelumnya,” katanya.

Kongregasi dengan risiko tinggi, tambahnya, adalah peziarah dengan usia lanjut yang umumnya memiliki sejumlah masalah kesehatan. Pada tahun 2018 diketahui bahwa jumlah total jamaah meninggal pada 0,18 persen dari jumlah total 200 ribu lebih peziarah yang meninggalkan tahun ini.

Berdasarkan persentase ini, proporsi peziarah tahun ini proporsional masih lebih rendah daripada dua tahun lalu. Menurut Menteri Kesehatan, para peziarah yang meninggal umumnya disebabkan oleh penyakit jantung.

Tips Mengatasi Jetlag Jamaah Haji

Umroh Hemat Dan Menyenangkan Dengan Travel Wisata Halal

Mendarat di tanah suci menjadi babak perjalanan baru bagi para jamaah Indonesia. Perbedaan cuaca adalah salah satu tantangan bagi para jamaah tanah air biasa dengan iklim tropis.

Kondisi Jetlag sering dialami pada masa-masa awal. Jika tidak bisa diatasi, kondisi ini bisa mengganggu proses ibadah. Penasihat Haji dan Umrah, Rafiq Jauhary berbagi kiat dengan Republika tentang bagaimana menangani Jetlag bagi para jamaah yang baru tiba.

Rafiq mengatakan bahwa tidak sedikit dari para jamaah yang mengabaikan kelelahan karena mereka didorong untuk melakukan ibadah. Dalam pikiran mereka hanya ada satu ibadah ke layanan lain, meskipun sebenarnya tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat.

Semangat ibadah ini juga dipengaruhi oleh perbedaan waktu antara Indonesia dan Arab Saudi. Tidak sedikit jamaah yang siap pergi ke masjid pada pukul satu pagi. Ini karena di kamar hotel mereka tidak bisa tidur dan merasa tubuhnya segar.

“Situasi ini disebut jetlag,” kata mentor jamaah Haji dan Umrah sejak 10 tahun lalu.

Harap dicatat bahwa pada saat yang sama pukul satu pagi waktu Madinah adalah sama dengan jam lima pagi di Indonesia. Inilah sebabnya mengapa setiap jam satu pagi para jamaah sudah merasakan tubuh yang segar dan seolah-olah terburu-buru pergi ke masjid.

Untuk mengatasi jetlag ini, Rafiq mengatakan ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama, segera ubah waktu di jam atau di ponsel dengan waktu Arab Saudi. Ketika Arab Saudi adalah jam emlat lebih lambat dari Waktu Indonesia Barat.

Umroh Hemat Dan Menyenangkan Dengan Travel Wisata Halal

“Jangan tiba ketika Anda tiba di Arab Saudi, para jamaah masih aktif di Indonesia,” katanya.

Selanjutnya, para penyembah disarankan untuk istirahat yang cukup agar tubuh mulai beradaptasi. Latih agar tidak mengantuk saat larut malam dan terus berbaring di tengah malam. Begitupun di siang hari, biasakan untuk beristirahat meski hanya sesaat. Baik sebelum dhuhur atau sesudahnya.

Ketika waktu istirahat dikondisikan, jamaah dapat mulai belajar untuk mengatur kegiatan lain dan juga waktu ibadah. Rafiq berdoa agar kegiatan para jamaah di Tanah Suci akan tetap mulus dan tubuh akan tetap sehat.

Mengintip Ragam Tugas Sektor Khusus Masjid Nabawi

Sektor Khusus (Sexus) Masjid Nabawi adalah salah satu sektor andalan di Wilayah Kerja Madinah. Sektor ini memiliki tanggung jawab yang besar selama musim haji. Bisa dibayangkan bahwa ratusan ribu jemaat di Indonesia melaksanakan arba’in – sholat lima waktu selama delapan hari – penuh sesak dengan peziarah dari seluruh dunia.

Tidak heran komposisi sektor ini cukup lengkap. Mulai dari Seksi Perlindungan Haji, Pertolongan Pertama ke Haji Haji (P3JH) Departemen Agama, dan Tim Gerak Cepat Kementerian Kesehatan (TGC). Beberapa kursi roda juga disiagakan di pos sektor yang menjaga pintu nomor 21 Masjid Nabawi.

Menurut Deputi Sex, Ahmad Hanafi, beberapa tantangan di lapangan yang dihadapi termasuk banyak jemaat yang lupa arah pulang ke rumah. “Saya sangat senang tiba di Madinah, mereka langsung menuju Masjid Nabawi tanpa melihat pintu masuk ke pintu nomor,” katanya ketika ditemui di Masjid Nabawi, Minggu 9 September 2018 siang.

Acara seperti itu sering terjadi. “Tantangan lain yang sering menimpa peziarah terpisah dari kelompok,” tambahnya. Jika seperti itu, langkah pertama yang diambil oleh partainya adalah merekam. “Kami melihat dan memeriksa gelang identitas jemaat yang digunakan,” katanya.

Gelang identitas yang dimulai tahun ini dengan barcode – salah satu dari 10 inovasi dalam mengatur haji tahun ini – mempermudah petugas untuk memeriksa peziarah hotel. Setelah diketahui, para petugas langsung mengawal jemaat ke hotel masing-masing.

“Tapi ya kami menyiapkan minuman dan roti sebagai antisipasi bahwa jemaat belum makan, sehingga mereka bisa menenangkan mereka,” katanya seperti dikutip oleh Kemenag.go.id.

Khusus untuk daerah Raudlah, tempat antara makam Nabi Muhammad SAW dengan mimbar, ia menghimbau kepada jemaat berisiko tinggi (risti) terutama perempuan untuk didampingi oleh tim atau kelompok.

Karena anggota perempuan dari Masjid Nabawi Nabius juga telah menjaga di Raudlah. Mereka dipaksa untuk tidak bisa mendorong Raudlah karena pada saat yang sama mereka mengawasi ribuan peziarah.

Selain itu, ia juga berkoordinasi dengan keamanan Masjid Nabawi terkait barang yang hilang atau tersebar. Setiap dua hari, petugas memeriksa barang-barang yang ditemukan.

Madinah Indah Wisata Tempatnya Travel Wisata Halal

“Nanti, kalau ternyata jemaat kita di Indonesia akan mengambilnya dan mengembalikannya ke sidang,” katanya.

Untuk kesehatan, Sexus juga bekerja sama dengan kesehatan Masjid Nabawi yang mengelola di pintu nomor 36.

Mempertahankan ritme untuk menjalankan tugas negara tentu tidak mudah. Namun, Ahmad Hanafi dan semua anggota Sexus mengaku menikmati amanah yang diberikan.

“Bertemu dengan rekan senegaranya dan orang-orang dengan berbagai karakteristik bahasa dan budaya yang berbeda membuat kita bahagia dan ringan dalam melaksanakan tugas ini,” tutupnya.

Mana Bahaya Lebih Banyak, Mie Plastik, atau Gelas Plastik?

mie ayam jakarta

Mi instan adalah camilan paling banyak dicari oleh banyak orang. Prosesnya mudah dan rasa gurih tidak diragukan lagi. Baik kemasan dalam bentuk paket atau bentuk cangkir plastik, mie instan tersebar di seluruh dunia.
Semua orang pasti tahu bahayanya mengonsumsi makanan ringan yang disukai oleh berbagai kelompok usia ini. Penyakit jantung adalah penyakit nomor satu yang disebabkan oleh konsumsi mi instan yang sering.
Banyak orang bertanya-tanya, jika mie instan berbahaya maka mana yang lebih berbahaya antara mie instan dengan bungkus plastik atau mi instan?
Bahkan, mi instan instan jauh lebih berbahaya daripada bungkus plastik mie instan. Karena sterofoam sebagai bahan kemasan cangkir mie instan terbuat dari kopolimer styren yang terbukti menyebabkan Endocrine Disruption.
EDC atau Endocrine Disruption adalah penyakit yang terjadi karena gangguan pada endokrinologi dan sistem reproduksi pada manusia. Kandungan kalori dalam cangkir mie instan yang mengandung mie, bumbu kering dan sayuran mengandung sekitar 300 kalori.
Namun, bukan berarti bungkus plastik mi instan aman untuk dikonsumsi. Mi instan rendah nutrisi tetapi tinggi lemak, tinggi kalori dan sodium. Dan bahkan yang lebih mengerikan, mi instan dibuat dengan pewarna dan perasa buatan, pengawet, dan bahan tambahan lainnya.
Dikutip dari NDTV, Dr. Sunil Sharma sebagai dokter umum dan kepala departemen darurat Rumah Sakit Madan Mohan Malviya, New Delhi, India menjelaskan bahwa MSG yang terkandung dalam mi instan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius.
“Dalam banyak kasus, monosodium glutamate (MSG) dan hidrokuinon tersier-butil (TBHQ) yang terkandung dalam mi instan dapat meningkatkan nafsu makan seseorang dan juga menjadi pengawet. Meskipun mi instan dapat dikonsumsi tetapi harus dalam batas yang wajar. Konsumsi mi instan sering dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah, “kata Dr. Sunil.
Sebagian besar makanan olahan dipenuhi dengan lemak jahat seperti asam lemak jenuh atau lemak trans. Mi instan mengandung lemak jenuh yang jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Memiliki kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe-2.
Kami menyarankan Anda membatasi diri untuk mengonsumsi makanan olahan seperti mi instan, terutama mi instan, yang lebih berbahaya karena bahan standar yang digunakan sebagai mie.